Langsung ke konten utama

10 lagu jepang terbaik



Pada dasarnya saya suka semua jenis musik, dari metal, orkestra, bahkan dangdut juga ayo. Lagu-lagu bergenre norak macem keong racun, cinta satu malam, susis, putus lagi, hamil duluan, dan sebagainya juga saya dengerin walaupun cuma lucu-lucuan. Pada akhirnya kecenderungan saya memang lebih ke musik-musik keras, yang berformat band, terutama band-band jepang. Bagi saya format band sudah lengkap : mereka menawarkan kualitas vokal, kejeniusan mencipta lagu, dan tentunya keterampilan individual para anggota band. Selain itu lagu-lagu cadas jauh  lebih terbuka terhadap penambahan unsur-unsur lain : rap, hip hop, orkestra, pop, elektronik dll.

Dulu  biasanya saya meminjam keping dvd teman saya, sekali pinjam biasanya 1-5 keping. Sekarang?? Wah, berhubung udah kuliah, fokus ke musik udah ga seintens dulu lagi. Thank God ada yang namanya internet, semua album dari band-band favorite saya bisa di unduh gratis, disimpan di external hardisk, lebih awet dan tidak makan tempat.

Sebenarnya tiap band yg saya tulis dsini punya lebih dari satu lagu yang bagus, atau malah punya lagu-lagu yang  selalu bagus. Tapi berhubung judul postingannya pake angka 10, jadi saya batasi saja. Capek nulisnya, lagian saya cuma iseng2 aja nulis, daripada punya blog tapi nganggur.....

Jadi silakan simak 10 lagu jepang terkeren (bukan yg terbaik) versi saya






10.  Matenrou Opera – Helios
Lagu ini sedikit mengingatkan saya akan lagu mereka yg judulnya Faust, harmonisasi vokal Sono sedikit lebih baik disini, dan syinthesizer yg ada pun tidak mengambang. Bagian solo partnya mungkin memang terdengar cukup bagus, tapi bahkan solo part yang bagus pun tidak selalu berarti bahwa  keseluruhan lagunya  akan terdengar bagus. Sebenernya musik-nya lagu Helios udah keren sih, cuman kayaknya lagu macem gini ga cocok sama vokalnya Sono. Lagu-lagu kayak gini enaknya dibawain sama karakter vokal yang kayak Asagi. Dan jika menonton Helios waktu live di acara V-love 2011...beuh  lebih mengecewakan daripada rilisannya sendiri, terutama bagian vokalnya.


9. Matenrou Opera – Otoshiana no Soko wa Konna Sekai
Seperti biasanya, saya selalu suka dengan intro yang dimainkan oleh Matenrou Opera. Mereka   masih mempertahankan ciri khas dari musiknya sendiri, lebih powerful, karakteristik operanya juga makin keliatan, trus juga suara Sono menurut saya sedikit unik, apalagi pas kayak maksain teriak diawal lagu yang terkesan alay. Permainan keyboard ayame-lah yang membuat lagu ini bagus, melodic bass line dari You, dan ketukan drum dari Yuu membuat lagu ini semakin sempurna, dan buat Anzi, no comment....permainan gitarnya paling bagus, tekniknya benar2 maut, simple but deadly..


8.  L’arc en ciel – Bless
Entah dengan cara macam apa, bapak-bapak di Laruku terlihat sangat mudah dalam PV tersebut. Oh yah, lagunya lumayan ngepop, balada khas Laruku yg tampil elegan dengan orkestrasi megah, benar-benar sebuah lagu penghantar tidur yang indah, terlebih liriknya. Satu yang membuat lagu ini terdengar bagus, selain kekuatan lagu yg mudah dicerna, juga liriknya yang indah. Tidak perlu bertanya bagaimana kekuatan lagu2 Laruku selain  balutan kata-kata yang penuh metafoir. Lagu ini emang bagus meski tidak se-perfect Hitomi No Jyunin.


7. Dir en grey – Hageshisa To, Kono Mune No Naka De Karamitsuita Shakunetsu No Yami
Yup, lagu jrock favoritku yang bahkan sampai sekarang masih sering saya putar. Pokoknya buat para penggemar lagu heavy, jangan pernah melewatkan lagu yang bikin adrenalin naik macem gini. Kalau kamu menyukai lagu2 di album uroboros yang sedikit pelan, maka bersiaplah menerima teriakan  dan mumbling  khas dari om Kyo di lagu ini, dijamin kamu bakalan kena timpuk kalau menyetel keras. Tapi seperti biasanya, mereka selalu memasang judul-judul yang aneh, tak terkecuali judul lagu ini (yang panjang bngt judulnya). Kombinasi duo gitaris, bass, serta permainan drum Shinya benar2 maut ditambah vokal om Kyo yang kayak iblis memang menjadi daya tarik dalam lagu ini.


6. D’espairsray – Tatoeba Kimi Ga Shinda Ra
Tahun 1999, lahirlah D’espairsray dengan musik cadas-nya yang mengacak-acak dunia persilatan jrock. Banyak yang bilang kalau lagu2 dari d’espairsray bikin adrenalin naik, dan sepertinya memang benar. Salah satu contohnya adalah lagu ini yang terkesan keras, pokoknya enak banget deh di denger. Yang saya paling suka adalah racikan musiknya, vocal Hizumi yang super duper scream, sound gitar yg ber-distorsi serta menggabungkan sound elektronik dan hardrock dengan sukses. Kombinasi semua itu bikin lagu ini kaya elemen. Liriknya edan, nakal, dan gak sopan, tapi yang terpenting disini adalah musiknya


5. Moi dix Mois – Unmoved
Seriously!!!! Ternyata Mana Sama yang dikenal sebagai produser dan musisi bertangan dingin dan jenius  bisa buat lagu se-heavy ini (lebay dink). Bayangkan aja lagu gothic yang lembut se-level La Dix Croix di bikin Blackmetal kayak lagu-lagunya Deathgaze. Untuk lagu macem gini udah jelas selerahku banget lah. Tapi saya bingung nih...MDM cuman punya satu PV yang Dialoque symphony doank hehehehe, btw lagu paling keren adalah UNMOVED , totally lebih garang!! Distorsi lebih banyak, ditambah vokal SETH yang rada kasar. Emang sih vokalnya Juka lebih kental dengan suara operanya dibanding seth. Tapi kalau disuruh milih, yah jelas saya bakalan milih SETH soalnya seth bisa  scream dan growl lebih bagus daripada juka. Kalau juka menang teknik suara beratnya. Dan untuk lagu se-heavy ini saya setuju kalau Mana ganti vocalis ke SETH.


4. Malice Mizer – Color me blood  red
Jika membahas band gothic jepang, semua orang pasti akan selalu teringat dengan band Malice Mizer. Pasalnya, band gothic yang satu ini memiliki karakterisasi gothic yang baik dalam hal musik maupun penampilan. Yup, saya memilih Color me blood red karena lagu ini pertama kali memperkenalkan saya dengan malice mizer. Lagu instrument buatan paman Kozi ini memang yang terbaik dari Malice Mizer dengan irama techno yang gokil. Sound musik dari lagu ini pastilah gak jauh dari  nuansa gothic yang kelam dan memang tidak terlalu keras tetapi cukup membawa ke zaman Merveilles. Bagi penyuka jrock/visual kei gak salah kalo mencoba mendengarkan lagu visual kei jadul ini, masih  asik kok hehehehe...tapi jangan mengharapkan sengerock Gazette atau se-melodic Nightmare, pokoknya gothic abis!!


3. Nightmare – Vermillion
Huahh! Satu-satunya lagu dari Nightmare yang selalu memanjakan kuping saya. Intro lagu di buka dengan synthesizer mulus dan kemudian langsung disambung pukulan drum Ruka dan solo gitar Sakito  yang memperkenalkan elemen utama dari tema lagu ini. Dengan goyangan dan riff gitar disorted lebih menekankan pada melodi vokal yang disajikan dengan nada yang lebih dalam dan lebih cepat. Teknik  gitar dari Duo gitaris Sakito dan Hitsugi keren banget disini, terutama sakito yang suka nyelipin teknik picking saat bagian chorus dan Hitsugi meski gak dapet giliran solo, tetap aja permainannya  rapi. Kalau melihat videonya, kita dapat menebak bahwa Nightmare mencoba menawarkan sesuatu yang fresh melalui lagu ini. Saya lebih suka kalo Nightmare banyakin lagu2 macem gini, musiknya enerjik, full power, kreatif dan tentunya aransemen vocalnya Yomi paling bagus disini. Jangan kayak lagu alay-nya Nightmare sejenis Mimic, Fantasia, the World, ataupun Alumnia yang jelas2 gak sesuai ama selerahku. Pokoknya kalau pengen nyobain lagu-lagunya Nightmare jangan pernah lewatkan Vermillion


2. Rentrer en Soi – to Infinity
Ini dia lagu ballad terbaik rentrer en soi dan memang pasnya wajib masuk  dalam list ini. Secara keseluruhan lagu ini  gak mengecewakan soalnya vokal Satsuki mirip suara cewek di lagu ini. Musiknya megah dan dibalut dengan nuansa religius dan liriknya kalau diartikan...ya ampun benar-benar memukau saya, khas RES banget-lah. Lagu-lagu kayak gini nih yang  gak standar,indah banget lagunya. Selain To Infinity, memang banyak lagu-lagu rentrer en soi yang luar biasa indah macem last scene atau shinwa, sayangnya mereka seperti kurang diterima di pasaran musik jepang. Padahal dengan kemampuan mereka miliki, harusnya rentrer en soi bisa menjadi legenda. Kalau kamu mau mengenal praktis rentrer en soi, ada baiknya jika mengunduh allbum AIN SOPH AUR yang terdiri dari dua side (sisi Michael dan Satan) tersebut merupakan kompilasi lagu-lagu terbaik rentrer en soi sepanjang karir mereka.


1. Aliene Ma’riage – Suicide

OLDSCHOOL METALCORE!!!!! Kalau lagi dengerin lagu2 model begini, badan dan kepala pengen goyang-goyang semua, ibarat mau senam pagi. Seorang teman sma bergigi berantakan dan berkacamata merekomendasikan lagu ini kepada saya. Dan...jadilah ini salah satu lagu favorit saya. Yang namanya anak muda dulu kan masih suka denger yang cadas-cadas, apalagi dengan lirik2 yang ancur diteriakan dengan garang serta dibungkus kocokan gitar bernada kasar dan patah-patah!!wah sedep banget deh pokoknya, asalkan jangan didengerin sambil makan bakso. Hehehe buat kalian pecinta musik oldschool visual kei pasti udah pada tau persis bagaimana lagu-lagu yang dibawakan aliene mariage. Apa jadinya jika musik metalcore seperti Diru digabung sama musik se-melodic Deluhi? Benar-benar komposisi yang briliant dari lagu ini, apalagi ditambah dengan  suara vokalis yang menjerit-jerit plus growlnya, itulah ciri khas dari Aliene Ma’riage. Sejak mendengarkan lagu ini saya jadi sering mengoleksi lagu2 mereka. Sebuah lagu yang bagus karena pasti di dukung dengan skill membernya yang diatas rata-rata. Dan sudah wajib kalau lagu ini masuk kategori terbaik dalam list ini, karena secara umum musik oldschool metal pastinya punya tingkat coolnes lebih tinggi dari semua peranakannya. Gak mungkin banget kamu memuja-muja Dir en Grey atau deluhi tapi kamu melewatkan Aliene Ma’riage dengan lagu Suicide-nya yang Killer abiss, gak sopan sama sekali!!


Oke segitu aja dulu list dari saya. Seandainya boleh menambahkan beberapa lagu  diluar yg sepuluh ini,  saya akan menambahkan....

Matenrou opera – Gloria
L’arc en ciel – Finale
Malice mizer – beast of blood
Luna sea – rosier
Deluhi – remember the rain
The gazette – taion

Walau tak terlalu intens mencermati musik jepang sekarang ini, tapi saya juga suka tuh mendengarkan lagu dari band2 yang muncul belakangan setelah kesepuluh band diatas. VII senses, Mejibray, Nocturnal Bloodlust, dan Vistlip menurut saya oke. Lagu Veil of Maria punya si satsuki juga bagus sebagai penghantar tidur. Dan untuk Luna Sea album MOTHER-lah yang terbaik. Namun tentu saja, 10 lagu diatas sulit dilupakan dan selalu ada di daftar mp3 kompie saya. Maaf ya, 10 list diatas saya cuman fokus-in di lagu2 headbang doang soalnya itu yang jadi favorit saya.  So..para penggemar musik jepang yang tau lagu cadas plus headbang lapor-lapor yah....

NB : postingan ini pernah dimuat di blog lama saya pada tahun 2010 yg udah  terhapus. Sengaja saya pindahkan ke blog ini, setelah di sunting dan diperbarui lagi sedikit, supaya postingan disini tambah banyak...hahaha!! sambil bernostalgia^^

Komentar

  1. Wow, semuanya genre rock yah ?

    BalasHapus
  2. "Nightmare - vermillion" siap2 donlot ^^d

    BalasHapus
  3. Suicide mantab, lagu lama tapi wajib denger

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu fave ane tuh gan, wajib dicoba

      Hapus
  4. Wah ada laruku....sip deh :|
    buat yg pengen denger lagu lagunya, gw rekomendasi album butterfly

    BalasHapus
  5. Yg no 1 lagu apaan tuh gan? Soundnya aneh banget =.=a

    BalasHapus
  6. Yg bikin postingan pasti asal-asalan. Masa the gazette gak masuk, lagunya bnyk yg bagus min


    gazerock is not dead!!!

    BalasHapus
  7. Band the gajebo di muja2. Gajebo tuh lagunya cuma eksis jadi ost anime. Denger2 si gajebo lagunya dah mainstream gtu.......dibanding lagu2 om kyo?? Keok gada apa2nya mereka

    BalasHapus
  8. X-japan paling yahud
    - tears
    - endless rain
    - kurenai

    BalasHapus
  9. @rukia : gazette makin hari makin menstrim aja musiknya, sorry yah gazette jauh dibawah diru

    @roky : setuju :)

    @john : xjapan lagunya emang bagus, nnti akan saya bahas di postingan berikutnya

    BalasHapus
  10. Gw sebagai penikmat musik jepang semakin muak dgn musik visual kei yg semakin hari makin POSER aja!! Contoh'a mejibray, noctrunal bloodlust...maaf kalau gw sebutin band yg lu idamkan, tp nyatanya band ky gitu di dominasi oleh abg cengeng berponi miring berpenampilan ingusan dgn scream'a yg seperti emo....benar2 terlihat metalkids!! Berbeda dgn the gazette, dir en grey, deluhi, x-japan, galneryus yg bener2 mengekspresikan kejantanan pria sejati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih, band2 viskei yg bermunculan akhir2 ini makin hari makin mendekati poser. Hehehe....makanya gw dri dulu paling demen ama oldschool visual kei, soalnya karya2 mereka dikenang sepanjang masa

      Hapus
  11. ''TO INFINITY'' oh my god, gw baru tau kalau ada lgu seindah gini.
    Enak bngt di dengerin, thanks ya bwat recomend nya. Ternyta selera kuping kita sejalan

    BalasHapus
  12. Keren rekomendasinya gan, nih gw kasih lagu cadas paling gahar

    - The gazette - circle of swindler.....mantap nie lgu chuy, biarpun jadul tetep msih asik

    - deathgaze - deadblaze
    yg ini bkin kepala muter2 ky kincir angin

    - versailles - silent knight
    lagu instrumental paling keren...gitar solonya gan sadis2

    - 9goats blackout - headache
    lagu romantis yg berbau devilsh gitu, aransemen n komposisisnya bner2 edan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih infonya sob, tp ane udah punya semua lagu yg elu share :D

      Hapus
  13. Detroit metal city - slash killer
    detroit metal city - satsugai

    dicek lah spa tau cocok sama kuping agan :D

    BalasHapus
  14. Galneryus - angle of salvation
    galneryus - destiny
    galneryus - hunting for your dream

    BalasHapus
  15. Nightmare dibilang alay......alayan mana coba dgn kanjen band aw aw aw

    BalasHapus
  16. Suicide nya oke bngt tuh bos
    emang bener kata ente ni yg paling sip!

    BalasHapus
  17. Wkwkwk wa lama'' browsing truz nemu blog ini
    langsung wa donlot semua lagu''nya....thx bermanfaat artikelnya

    BalasHapus
  18. Menurutku sih Gazette ga mati sih...Emang akhr2 ini lagu2ny kurang mantep...tapi saya yakin mereka akn kembali...
    Kalau Masalah skill mereka sekarang udh punya,,tnggal nunggu aja wktunya...

    - Lagu2 Deluhi Ga Masuk Apa?
    - Sama Lagu2 nya One ok Rock...Q-ren Abiz Apalagi Pop-Rocknya...Kayak Where ever you are ato Chaosmyth...trus kalo yang rock No Scared...
    - Sama Lagunya Fear and Loadthing in Las Vegas..Mantep2 thu lagu2nya..

    Tapi yang Paling Gue Recomend Sih UVERworld, Ga Terlalu Rock Tapi Enak2 Didengar...

    BalasHapus
  19. Cobain Lagunya ONE OK ROCK
    - Deeper deeper
    - No scared
    - Re:make

    BalasHapus
  20. Higo sai hatsune miku, mantap!

    BalasHapus
  21. Yeah.. Telat :D late is better than never. Suka diru jg ya? Aku saranin nih lagu2 diru di mini album the unraveling mantep semua termasuk macabre yg panjangnya 16menitan ^^ album dss dan arche jg bagus2

    BalasHapus
  22. Yeah.. Telat :D late is better than never. Suka diru jg ya? Aku saranin nih lagu2 diru di mini album the unraveling mantep semua termasuk macabre yg panjangnya 16menitan ^^ album dss dan arche jg bagus2

    BalasHapus
  23. gackt, moi dix mois, versailles keren keren jg om

    BalasHapus
  24. L’arc en ciel gak ada matinya deh,pokokny selalu ada di playlist music saya
    Pokokny L’arc en ciel dan judy&mary punya tempat khusus di hati hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar