Langsung ke konten utama

Malice Mizer




Tunggu dulu….Band ini kan udah lama banget Disband..ngapain masih direview segala..??

yup..band ini emang dah lama disband…tapi menurut saya, ampe sekarang band ini masih membawa pengaruh yang luar biasa bagi perkembangan dunia musik sebagai referensi musik yang sangat menarik. terutama dari segi musikalitas dan seni visualisasinya. sampai saat ini sudah tidak terhitung band-band yang sudah terinspirasi oleh Malice Mizer, jadi bagi saya, Malice mizer adalah sebuah band yang tak terlupakan dan tak boleh dilupakan…oleh karena itulah saya merasa harus tetap mereviewnya.
so…here’s the story goes…
Malice Mizer adalah sebuah Band Visual Kei yang berasal dari jepang. Terbentuk pada tahun 1992 oleh +Mana+ dan Kozi, yang sebelumnya memang telah tergabung dalam band yang bernama Manterou. Nama Malice Mizer sendiri berasal dari kata “Malice” dan “Misery”. Malice Mizer sangat dikenal karena gaya fashion yang unik dan pertunjukannya yang teatrikal selain karena musiknya juga yang luar biasa, sampai sekarang Malice Mizer tetap dianggap sebagai salah satu Band Visual Kei terpopuler sepanjang sejarah.

Formasi awal Malice Mizer adalah Tetsu pada Vocal, +Mana+ & Kozi pada Guitar/synthesizer, Yu~Ki pada bass dan Gaz pada Drum. sejak awal mereka sudah membuat trademark mereka sendiri pada musik mereka yaitu “Twin Guitar”, yang berupa sound dari dua gitar yang memainkan melodi yang berbeda tetapi sangat harmonis. Malice Mizer berhasil mempertahankan trademark tersebut dalam setiap albumnya sampai akhir. selain itu mereka juga berhasil memadukan sound Rock, Gothic, dan Classic dengan luar biasa.

Tak lama setelah debutnya, drummer mereka, Gaz, keluar dari band untuk bergabung dengan band lain yang bernama Kneuklid Romance. sementara itu, drummer Kneuklid Romance, Kami, bergabung dengan Malice Mizer -Pertukaran Drummer yang aneh ^_^-. dan hal ini berpengaruh positif, karena setelahnya Kami akan menjadi salah satu drummer terbaik di jepang dan juga membawa Malice Mizer menjadi Band yang terpopuler dalam sejarah.kemudian pada tahun 1994, Malice Mizer merilis Album pertama mereka, Memoire, dan tak lama kemudian, vokalis mereka, Tetsu, meninggalkan Band.

Pada tahun 1995, Gackt bergabung menjadi vokalis baru melalui sebuah audisi yang dilakukan +Mana+. dengan bergabungnya Gackt -yang kemudian akan dikenal sebagai seorang Jenius, bersama +Mana+- sound dari Malice Mizer berubah menjadi lebih kompleks. Penampilannya juga berubah dari gothic menjadi lebih berwarna dengan mengadopsi gaya historical-costume pada tahun 1996, Malice Mizer merilis album keduanya, Voyage ~Sans Retour~ dan bergabung dengan major label -Nippon Colimbia- pada tahun berikutnya.

Gackt keluar dari band pada 1999 untuk bersolo karir -yang juga sukses-, dan pada tahun yang sama Malice mizer keluar dari Nippon Columbia untuk bergabung dengan label mereka terdahulu Midi:Nette. masih pada tahun 1999, drummer mereka, Kami, meninggal karena radang otak. sebagai penghormatan pada Kami, Malice Mizer sepakat untuk tidak merekrut personil tetap untuk posisi drummer, dan hanya menggunakan adisional untuk keperluan manggung. Pada tahun 2000 mereka melepaskan album terakhir, Bara no Seidou, bersama vokalis baru mereka, Klaha dan adisional drummer, shue, dan akhirnya pada 2001 Malice Mizer mengumumkan bahwa mereka Disband dan mengundurkan diri dari dunia musik.

Setelah itu…?? apa yang terjadi dengan para personilnya…dengan bakat yang mereka miliki…ga mungkin kan mereka sanggup berdiam diri

yup…dan inilah yang mereka lakukan setelahnya+ Gackt Menjadi Artist – Penyanyi dan Aktor- di Jepang, dan bergabung dengan Band bernama SKIN.
+ Klaha
Bersolo karir.
+Mana
Membuat band fenomenal baru bernama Moi Dix Mois, membuat clothing visual kei bernama Moi-même-Moitié, dan menjalankan recording company Midi:Nette.
+ Közi
Bergabung dalam Band Eve of Destiny.
+Tetsu
Bergabung dalam berbagai band, juga bersolo karir.
+Yu~ki
Menjadi vokalis dalam Single Project Solo Kozi, Memento.
Malice Mizer Discography
+ Demo tapes
Sans Logique (1992)
SADNESS / SPEED OF DESPERATE (1993)
Sadness (1993)
The 1th Anniversary (1993)
+ Singles
Uruwashiki kamen no shotaijo (1995)
ma chérie — Itoshii kimi e (1996)
Bel Air – Kuhaku no toki no naka de (1997)
au revoir (1997)
Gekka no yasoukyoku (1998)
ILLUMINATI [P-type] (1998)
Le Ciel — Kuhaku no kanata e] (1998)
Saikai no chi to bara (1999)
Shinwa (2000)
Kyomu no naka de no yuugi (2000)
Shiroi Hada Ni Kuruai To Kanashimi No Wamai (2000)
Gardenia (2001)
Beast Of Blood (2001)
Garnet Kindan no Sono e (2001)
+ Albums
Memoire (1994)
Memoire DX (1994) (reissue)
Voyage ~sans retour~ (1996)
Merveilles (1998)
Bara no Seidou (2000)
+ Videos and DVDs
Sans retour Voyage “derniere” encoure une fois (1997)
Bel Air ~Kuuhaku no shunkan (toki) no naka de~ de l’image (1997)
Merveilles ~Shuuen to kisuu~ l’espace (1998)
Merveilles -cinq parallele- (1999)
Saikai no chi to bara ~de l’image (1999)
Kyomu no naka de no yuugi ~de l’image~ (2000)
Bara ni irodorareta akui to higeki no makuake (2000)
Sans retour Voyage “derniere” (2001)
Bara no kiseki (2001)
Beast of Blood (2001)
Bara no konrei ~Mayonaka ni kawashita yakusoku~ (2002)
Cardinal (2002)

Komentar